Featured Video

Jam

Selasa, 22 November 2011

» Soal Berat Badan yang Tak Pernah Anda Tahu (II-Habis)

LIMA rahasia soal berat badan sudah Anda ketahui. Ternyata, masih ada tiga hal lainnnya yang perlu ada tahu sehingga Anda tidak salah mengartikan.

Berikut ini ulasan dari Reader’s Digest untuk Anda.


Pasangan peduli dengan berat badan

Ketika pasangan terlalu peduli dengan berat badannya dan rajin melakukan olahraga, maka dia pun akan tergugah untuk menjadi lebih aktif.

Tidur berlebihan, bobot berkurang banyak

Jika seseorang kurang tidur dari delapan jam, maka disarankan untuk memenuhinya dengan memejamkan mata sejenak. Pasalnya, tidur yang lebih dapat secara spontan menurunkan berat badan. Peneliti dari Universitas Chicago melaporkan, bahwa tidur kurang dapat mengganggu keseimbangan hormon leptin (hormon yang membantu Anda merasa kenyang) dan peningkatan ghrelin (memicu rasa lapar). Sebagai hasilnya, makan pun jadi berlebihan.


Cookies memicu kegemukan

Walaupun tidak kecanduan alkohol, namun para ilmuwan menemukan, bahwa ada kesamaan luar biasa ketika seseorang kecanduan makanan. Ada makanan-makanan yang membangun “mood” layaknya narkoba. Dengan mengonsumsinya, maka dopamin atau hormon yang terkait dengan kebahagiaan akan diproduksi dengan baik. Jika seseorang yang obesitas memiliki reseptor dopamin yang terbatas, maka akan lebih banyak makanan yang mendapatkan reaksi yang menyenangkan.

Radikal bebas picu kegemukan

Radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan tetapi juga membuat kegemukan. Zane Andrews PhD, seorang neuroendocrinologist di Monash University di Australia mengatakan, molekul-molekul oksidasi merusak sel-sel yang dapat muncul. Untuk itu, Anda perlu menghindari junk food dan perkaya buah dan sayuran sebagai nutrisi.
(tty)

Sumber: Okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar