Featured Video

Jam

Senin, 14 September 2009

Bersahabat dengan SInar Matahari


CUACA yang tidak menentu membuat kulit ikut menderita. Pagi hari panas terik,tiba-tiba malam hujan turun dengan lebat dan suhu kadang-kadang turun.

Sebaiknya, rawatlah kulit lebih saksama lagi. Yakni menggunakan krim wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Bukan saatnya lagi untuk menyepelekan paparan sinar matahari tanpa proteksi. Dengan meningkatnya kasus kanker kulit, sudah saatnya Anda lebih peduli.

Misalnya, jika berada di pantai,minimal gunakan SPF 30 atau lebih. Sebab, panas matahari yang lebih menyengat dan waktu terekspos matahari yang lebih lama, maka kulit kita membutuhkan tabir surya berkadar SPF tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali segera setelah terkena air kolam renang atau air laut, setiap dua jam sekali.

"Penggunaan krim berulang membuat perlindungan untuk wajah jadi maksimal," kata dr Shinta Damayanti SpKK dari Klinik Ultimo Aesthetic & Dental Center, Jakarta, pekan lalu.

Selanjutnya, jangan lupakan bagian yang tak terlihat. Artinya, kadang-kadang kita hanya fokus pada bagian wajah atau bagian yang mudah terlihat, seperti lengan atau punggung bagian atas.

Sebaiknya, jangan lupakan bagian lain, seperti leher, tengkuk dan belakang telinga, juga seluruh bagian kaki Anda. Daerah sekitar mata juga sebaiknya diperhatikan untuk dirawat. Dengan penggunaan tabir surya.

Memang, tidak diperlukan tabir surya khusus mata. Artinya, tabir surya tubuh pun bisa digunakan karena bersifat menempel pada kulit dan tidak terserap, jadi relatif aman untuk kulit sekitar mata. Namun, jika Anda mempunyai kulit yang sensitif, gunakan tabir surya khusus untuk daerah ini.

Selanjutnya, ketahui jumlah SPF yang Anda butuhkan. Menurut penelitian, jumlah SPF yang dibutuhkan dilihat dari berapa lama kulit Anda akan menjadi kemerahan setelah terpapar sinar matahari.

Jika dalam waktu 20 menit kulit Anda mulai berubah warna, maka SPF 15 akan membuat Anda dapat terekspos matahari selama lima jam tanpa terbakar (20 x 15= 300 menit). Namun, jika Anda terkena air atau berkeringat, maka tetap harus mengoleskan tabir surya kembali.

Jangan Sekadar Mengoles

Untuk daerah wajah, terutama kulit sekitar mata, sangat sensitif karena itu perhatikan pula saat mengoles krim tabir surya. Ada baiknya Anda juga menggunakan topi dan kacamata hitam, bahkan payung, untuk membantu melindungi bagian ini. Sementara untuk berenang, gunakan tabir surya water resistant.

Walaupun mengandung formula yang membuatnya lebih tahan digunakan dalam air, tabir surya tetap harus dioleskan kembali setelah berenang selama sekitar 40 menit sampai 80 menit. Selanjutnya, perawatan wajah juga diperbolehkan untuk anakanak. Kulit anak-anak kadang lebih sensitif dari orang dewasa.

Oleh sebab itu, jangan lupakan tabir surya untuk mereka. Biasanya, tabir surya untuk bayi atau balita mempunyai kandungan SPF yang cukup tinggi karena kulit mereka rentan. Namun, kandungannya tidak jauh berbeda dari yang dipakai orang dewasa, hanya diberi wewangian dan warna kemasan yang menarik.

Penting untuk memperhatikan kandungan dalam produk, baik proteksi terhadap UVB maupun UVA, untuk anak maupun Anda. Jangan menggunakan tabir surya orang dewasa untuk kulit balita, tapi gunakan tabir surya khusus balita.

"?Sebaiknya, jangan tinggalkan rumah sebelum mengoleskan tabir surya. Tabir surya membutuhkan waktu sebelum aktif. Oleh karena itu, gunakan tabir surya 15-20 menit sebelum terpapar sinar matahari. Oleskan tabir surya, sekitar 2 mg/ cm,secara merata dan menyeluruh agar bekerja dengan baik," kata Shinta.

Selain itu, hindari berjemur. Artinya, tidak ada cara berjemur yang aman walaupun Anda sangat berhati-hati. Lebih baik gunakan lotion yang tidak bermasalah untuk kesehatan. Shinta menyarankan, sebaiknya menggunakan kosmetik dengan kandungan SPF. Gunakan bedak dan lipstik yang mengandung SPF untuk tambahan proteksi.

Tapi ingat, alikasikan secara menyeluruh dan merata agar dapat melindungi kulit dengan maksimal. Lebih baik tetap menggunakan tabir surya di luar kosmetik tersebut jika beraktivitas di luar agar memberikan perlindungan maksimal.(Koran SI/Koran SI/nsa)

0 komentar:

Posting Komentar